Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

TUMBUHAN KEBUN BOTANI

a. Polong-polongan
Digolongkan menjadi 3 suku yaitu Mimosaceae, Caesalpiniaceae, dan Papilionaceae. Ada 157 jenis dari 70 marga yang termasuk dalam suku-suku tersebut. Berbagai jenis polong-polongan dimanfaatkan sebagai tanaman hias seperti jenis-jenis dari marga Amherstia, Brownea, Cassia, Senna, dan Saraca. Selain itu, beberapa jenis dimanfaatkan juga kayunya untuk bangunan seperti sonokeling (Dalbergia latifolia) dan wangkal (Albizia procera), tanaman penghijauan dan tepi jalan seperti Angsana (Pterocarpus indicus), Akasia (Acacia auriculiformis) dan Soga (Peltophorum pterocarpum). Ada pula yang dimanfaatkan sebagai tanaman obat seperti Johar (Senna siamea), Kedawung (Parkia timoriana), Dadap srep (Erythrina subumbrans), dan Dadap ayam (Erythrina orientalis). 

b. Anggrek
Ditempatkan di rumah kaca yang kondisinya disesuaikan dengan habitat alaminya. Ada sekitar 2.344 spesimen anggrek alam yang terdiri atas 319 jenis, 69 marga, dan 277 masih sp.. Sekitar 7 jenis merupakan anggrek endemik Jawa Timur seperti Appendicula imbricata, Dendrobium arcuatum, Paphiopedilum glaucophyllum (anggrek selop), dan lain-lain. Sedangkan yang terancam keberadaannya di alam antara lain Ascocentrum miniatum, Phalaenopsis amabilis (anggrek bulan), Coelogyne pandurata (anggrek hitam) asal Kalimantan dan lain-lainnya.

c. Palem
Palem termasuk dalam famili Arecaceae dan merupakan jenis-jenis tertua yang telah dijumpai sejak zaman Cretaceus, kurang lebih 120 juta tahun yang lalu. Arecaceae sangat menarik dari segi botani, keindahan bentuknya, keanekaragaman jenis dan kegunaannya. Famili Arecaceae di dunia diperkirakan 200-300 genus dan sekitar 2000-3000 jenis tersebar di daerah tropis dan sub tropis. Indonesia merupakan pusat keanekaragaman palem dunia, dari jumlah palem yang terdapat di dunia 46 genus diantaranya (576 jenis) terdapat di Indonesia dan 29 genus merupakan palem endemik. (LBN-LIPI, 1978; Witono, 1998; Sharma, 2002; Chin, 2003).
Sebagai salah satu lembaga konservasi tumbuhan ex-situ, Kebun Raya Purwodadi mempunyai tugas melaksanakan inventarisasi, eksplorasi, penanaman koleksi dan pemeliharaan tumbuhan dataran rendah kering yang memiliki nilai ilmu pengetahuan dan berpotensi untuk dikoleksi (dikonservasi). Kebun Raya Purwodadi seluas 845.148 m2 memiliki 174 famili, 904 marga dan 1.896 jenis dengan koleksi Arecaceae sejumlah 60 marga 117 jenis dan 435 individu berdasarkan katalog 2006 (Suprapto et al., 2006).

d. Bambu
Sekitar 30 jenis bambu telah dikoleksi Kebun Raya Purwodadi, 16 jenis berasal dari Jawa, 2 jenis dari Maluku, 2 jenis dari Sulawesi, dan 10 jenis dari beberapa negara Asia (Cina, Jepang, Thailand, India, dan Birma). Gigantochloa manggong (Bambu Manggong) merupakan bambu endemik Jawa Timur , Gigantochloa apus (pring apus) sering dipergunakan untuk mebel, kerajinan atau atap rumah, Dendrocalamus asper (pring petung) rebungnya untuk dimakan, dan Schizostachyum silicatum (bambu wuluh) untuk seruling.

e. Paku
Koleksi tumbuhan paku ditata di bawah pepohonan besar dan rindang, karena kelompok tumbuhan ini menyukai tempat rindang dan lembab. Koleksinya mencapai 60 jenis dari 36 marga dan 21 suku. Di antaranya paku sarang burung (Asplenium nidus), suplir (Adiantum spp.), hata (Lygodium circinnatum), dan paku tanduk rusa/simbar menjangan (Platycerium coronarium). Ada beberapa koleksi tumbuhan paku bermanfaat lainnya, seperti paku sayur (Athyrium esculentum) yang dapat dimakan tunasnya, Asplenium sp. dan Adiantum sp. sebagai tanaman hias, paku ekor kuda Equisetum debile sebagai bahan pengobatan, Cyathea contaminans sebagai bahan media tumbuh anggrek, dan hata Lygodium circinnatum sebagai bahan kerajinan.

f. Obat
Terletak di petak XIV G dan V A, ditata sedemikian rupa hingga berfungsi sebagai taman yang menarik untuk dinikmati. Diantara koleksinya adalah Pace (Morinda citrifolia), buahnya untuk obat batuk dan tekanan darah tinggi, daun ungu (Graptophyllum pictum), daunnya untuk obat wasir, Widoro upas (Merremia mammosa), umbinya untuk obat kencing manis, Sembung (Blumea balsamifera) daunnya untuk obat asma, sakit jantung, Wudani (Quisqualis indica) daunnya untuk obat cacing dan lain-lainnya.
Lokasi Kebun Raya ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan Lokasi ini terletak di tepi jalan besar yang menghubungkan 3 kota, yaitu Malang, Surabaya, dan Pasuruan. Jarak dari kota Malang adalah 24 km ke arah utara, dan dari kota Pasuruan 30 km ke arah barat daya dan dari kota Surabaya 65 km ke arah selatan. Luas Kebun Raya Purwodadi sakitar 85 ha, pada ketinggian 300m dpl dengan topografi datar sampai bergelombang. Curah hujan rata-rata per tahun 2366 mm dengan bulan basah antara bulan November dan Maret dengan suhu berkisar antara 22 – 32 C (  ).

 Tumbuhan
Asam jawa (tamarindus indica) adalah sebuah kultivar (varietas) daerah tropis dan termasuk tumbuhan berbuah polong. Buah asam per 100 gram mengandung kalori sebesar 239 kal, protein (memperkuat daya tahan tubuh) 2,8 gram, lemak (sumber energi bagi tubuh) 0,6 gram, hidrat arang (zat penambah tenaga) 62,5 gram, kalsium (mengisi kepadatan tulang) 74 miligram, fosfor (memperkuat tulang) 113 miligram, zat besi (metabolisme energi dan sistem kekebalan tubuh) 0,6 miligram, vitamin A (anti oksidan yang membantu merangsang dan memperkuat daya tahan tubuh) 30 SI, vitamin B1 (membantu proses pertumbuhan dan menghasilkan energi) 0,34 miligram, dan vitamin C (menumbuhkan jaringan dan menormalkan saluran darah) 2 milgram. Kulit bijinya mengandung phlobatannin dan bijinya mengandung albuminoid (bagian dari protein), serta pati (bagian dari polisakarida). Manfaat Asam jawa (   ):
  1. Menyembuhkan asma.
  2. Menyembuhkan batuk.
  3. Menyembuhkan demam.
  4. Menyembuhkan reumatik (nyeri sendi).
  5. Menyembuhkan nyeri haid.
  6. Menyembuhkan alergi.
  7. Menyembuhkan sariawan.
  8. Menurunkan berat badan.
Sifat Kimiawi juwet adalah kaya kandungan kimia, yang sudah di ketahui antara lain  Buah zat penyamak tanin, minyak terbang, damar, asam gallus dan glicosida. Biji yaitu tanin, asam galat, glukosida phytomelin, alfa‑phytostcrol yang bersifat anticholesteremik. Kulit yaitu zat samak. Efek Farmakologis tanaman ini memiliki sifat rasa manis, netral, astringent antimalline, anticholesteremik, anti diabeticum. Bagian tanaman yang digunakan bunga, biji dan kulit. Cara budidaya perbanyakan tanaman dengan menggunakan biji. Pemeliharaan mudah, perlu cukup air dengan cara penyiraman yang cukup, menjaga kelembaban dan pe-mupukan terutama pupuk dasar. Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannyayaitu (   ):
1. Ngompol : 7 butir biji juwet di giling sampai halus, lalu di rebus dengan 2 cangkir air bersama gula jawa. Sampai airnva tinggal separonya. Minum setiap hari 1 cangkir sekitar jam 5 sore sampai sembuh.
2. Mencret karena masuk angin, Udara dingin dll : Kulit dahan sekitar 1 jari kering, direbus dengan 2 gelas air mendidih jadi 1 gelas. Saring, minum.
3. Diabetes (Kencing Manis) : Biji 15 butir ditumbuk halus, bus dengan 2 gelas air sampai jadi satu gelas. Bagi menjadi 3 bagian dan minum untuk satu hari. Ulangi setiap hari sampai badan tcrasa segar dan tidak lesu lagi. Atau kulit pohon duwet 250 gr (basah), di potong ‑ potong, rebus dengan 3 gelas air samapai jadi 2 gelas.disaring, minum sedikit‑sedikit sampai habis dalam satu hari.
Maja (Aegle marmelos (L.) Correa, suku jeruk-jerukan atau Rutaceae) adalah tumbuhan berbentuk pohon yang tahan lingkungan keras tetapi mudah luruh daunnya dan berasal dari daerah Asia tropika dan subtropika. Tanaman ini biasanya dibudidayakan di pekarangan tanpa perawatan dan dipanen buahnya. Maja masih berkerabat dekat dengan kawista. Di Bali dikenal sebagai bila. Di Pulau Jawa, maja sering kali dipertukarkan dengan berenuk, meskipun keduanya adalah jenis yang berbeda. Tanaman ini mampu tumbuh dalam kondisi lingkungan yang keras, seperti suhu yang ekstrem; misalnya dari 49°C pada musim kemarau hingga -7°C pada musim dingin di Punjab (India), pada ketinggian tempat mencapai +1.200m. Di Asia Tenggara, maja hanya dapat berbunga dan berbuah dengan baik jika ada musim kering yang kentara, dan tidak biasa dijumpai pada elevasi di atas 500 m. Maja mampu beradaptasi di lahan berawa, di tanah kering, dan toleran terhadap tanah yang agak basa (salin). Warna kulit luar buah maja berwarna hijau tetapi isinya berwarna kuning atau jingga. Aroma buahnya harum dan cairannya manis, bertentangan dengan anggapan orang bahwa rasa buah maja adalah pahit. Sebagaimana jeruk, buah maja dapat diolah menjadi serbat, selai, sirop, atau nektar. Kulitnya dibuat marmalade.

Palem merah (Cyrtostachys lakka Becc.) adalah tanaman hias populer yang biasa dijumpai di pekarangan rumah. Nama merah diambil dari warna pelepah daunnya yang merah pekat menyala. Palem merah sekarang menjadi salah satu tumbuhan langka karena eksploitasi besar-besaran di hutan Sumatra dan Malaya, tempat asalnya. Terdapat varian yang sekarang dianggap sebagai varietas, yang dikenal sebagai palem jingga (C. renda Blume). Palem merah adalah flora maskot Provinsi Jambi.
Daun kupu-kupu seperti tanaman perdu, batang yang bila tidak terawat akan melencong kesana kemari, ssangat baik bila perlakuan yang dilakukan adalah seperti tanaman bonsai, dibuat mungil dan batangnya diatur sedemikian rupa. Tanaman ini kadang bisa tumbuh sendiri pada daerah-daerah yang teduh di daerah banjarbaru, masyarakat menyebutnya bunga kupu-kupu karena bentuk daunnya.

Mengkudu
Gambar literatur
klasifikasi
Devisi  : Gnetophyta Class : Gnetosida
Ordo : Gentianales
Famili : Rubiaceae
Genus : Morinda
Species : Morinda citrifoliaat
 Manfaat mengkudu untuk obat hiprtensi, serbuk mengkudu untuk kecantikan, buah mengkudu sebagai obat untuk kangker dan untuk obat kulit. Pohon mengkudu dapat mencapai ketinggian 10 m dengan buah putih. Tanaman ini tumbuh di dataran rendah pada ketinggian 1500 m. Buahnya berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol – totol berdaun tebal mengkilap, daun mengkudu terletak berhadap – hadapan. Ukuran daun besar – besar, tebal , dan tunggal. Bentuknya jorong lanset, berukuran 15 – 50 x 5 – 17 cm. Tepi daun rata. Ujung lancip pendek. Pangkal daun berbentuk pasak. Urat daun menyirip. Warna hijau mengkilap, tidak berbulu. Pangkal dun pendek, berukuran 0,5 – 2,5 cm, ukuran daun penumpu bervariasi, berbentuk segi lebar. Daun mengkudu dapat dimakan sebagai sayuran. Nilai gisi tinggi karena banyak mengandung vitamin A. Tumbuhan ini berasal dari asia tenggara.

Salam
Ganbar literatur
klasifikasi
Salam Devisi  : Magnoliophyta
Class : Magnoliopsida
Ordo: Myrtales
Famili : Myrtaceae
Genus : Syzygium
Species : Syzygium    polyanthum
Tumbuhan ini berukuran sedang mencapai tinggi 30m, kulit batang berwarna coklat abu – abu, bersisik, daun tunggal berhadapan, dengan tangkai hingga 12mm, helai daun berbentuk jorong lonjing, jorong sempit atau lanset. Urat daun sekunder dan urat daun sejajar. Salam digunakan dalam masakan nusantara, pengharum makanan, mengatasi asam urat yang tinggi. Tumbuhan rempah ini berasal dari Asia Tenggara.

Damar
Ganbar literatur
klasifikasi
damar Devisi  : Pinophyta
Class : Pinopsida
Ordo : Pinales
Famili : Araucariaceae
Genus  : Agathis
Species : Aggathis   dammara
Pohon ini berasal dari kawasan Malaysia bagian timur.

Melinjo
Ganbar literatur
klasifikasi
Melinjo Devisi  : Gnetophyta
Class : Gnetosida
Ordo : Genetales
Famili : Genetaceae
Genus : Gnetum
Species: Gnetum gnemon
 Melinjo merupakan tumbuhan tahunan berbentuk pohon yang berumah dua (dioceous, ada individu jantan dan betina). Batangnya kokoh danb b isa di manfatnkan sebagai bahan bangunan. Daunnya tunggal berbentuk oval dengan ujung tumpul. Melinjo tidak menghasilkan bunga dan buah sejati karena bukan termasuk tumbuhan berebunga yang dianggap sebagai buah sebenarnya adalah biji yang terbungkus oleh selapis ari yang berdaging. Melinjo dapat tumbuh dengan baik di daratan rendah dan tinggi yang tidak lebih dari 1200 m. Manfaat dari buah ini yaitu bisa digunakan untuk pembuatan keripik (emping) dan buah muda dijadikan sayur dan daun melinjo yang masih muda dan bunga melinjo juga dapat di jadikan sayur. Pohon melinjo yang tidak produktif di tebang dan kayunya dapat dijadikan talenan dan alat – alat masak lainnya, kulit tanaman ini juga berguna yaitu dapat diolah menjadi tali. Melinjo berasal dari banda aceh.

Pakis haji
Ganbar literatur
klasifikasi
Devisi  : Pinophyta Class : Cycadopsida
Ordo : Cycadales
Famili : Cycadaceae
Genus :  Cycas
Species : Cycas   rumphii
 Termasuk tanaman herba, jarang perdu atau pohon, batang berbuku-buku, bulat terdapat ruas (internodus), umumnya kosong (ada yang padat). Bentuk daun linearis, urat daun sejajar, tersebar. Terdiri atas pelepah, helai daun dan lidah daun (ligula). Asal tumbuhan minang kabau (sumatera). Repung bambu savulgaris berkhasiat sebagai obat sakit kuning dan obat bengkak. Ketinggian  5-10 m. Batang berkayu, bulat, berlubang, beruas-ruas, kuning, bergaris hijhau membujur. Daun tunggal. Bunga majemuk, bentuk malai, tumbuh di batang, berwarna ungu kehitaman. Akar serabut, putih kotor.

Asam jawa
Ganbar literatur
klasifikasi

Devisi  : Magnoliophyta Class : Magnoliopsida
Ordo : Rosales
Famili : Tracheobionta
Genus : Tamarindus
Species: Tamarindus   
                                             indica


Tumbuhan ini berasal dari Jawa.

Buah maja
Ganbar literatur
klasifikasi

Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae
Genus: Aegle
Spesies: A. marmelos
 Buah ini berasal dari India.

Juwet
Ganbar literatur
klasifikasi

Devisi  : Spermatophyta Class : Dikotyledonae
Ordo: Myrtales
Famili : Myrlaceae
Genus : Eugenia
Species: Eugenia cumini merr
 Ketinggian kurang lebih 20 m. Batang berkayu, bercabang banyak  diameter 10-30 cm. Berwarna putih kotor. Daun tunggal, berbentuk bulat telur, ujung runcing, tepi rata, pangkal tumpul, pertulaangan menyirip, permukaan atas mengkilap, panjang 7- 16 cm, lebar 5-9 cm, tangkai panjang 1-3 cm, berwarna hijau. Bunga majemuk, malai, tumbuh di ketiak daun dan di ujung batang, kelopak bentuk lonceng, hijau muda, mahkota bentuk bulat telur. Panjang kurang lebih 3mm, benang sari banyak, tangkai dankepala sari putik, putik satu berwarna putih, buah buni, bulat telur., panjang 2-3 cm, warna merah tua, bentuk lonjong, keras, putih. Akar tunggang, bercabang-cabang, berwarna cokelat muda. Manfaat obat mencret, obat diabetes, obat nyeri ginjal. Juwet berasal dari daerah sunda.

Pisang kipas
Ganbar literatur
klasifikasi

Devisi  : Magnoliophyta Class : Liliopsida
Ordo : Zingiberales
Famili : Pisang
Genus  : Ravenala
Species : Ravenala    madagascariensis
 Tumbuhan ini merupakan sejenis pokok yang berasal dari madagaskar, daunnya kelihatan seperti daun pisang, tinggi pisang kioas 3 – 9 m dan batangnya kukuh. Pelepahnya tertindih – tindih dan keluar dari kiri dan kanan batang dengan daun yang mempunyai tulang. Tumbuhan ini tidak berbunga kecuali di tempat asalnya, hal ini dikarenakan perbedaan iklim. Sulur tumbuh dari bagian pangkal pisang. Jenis akar merayap, tanaman ini di manfaatkan sebagai tanaman hias. Berasal dari madagaskar.

Salak
Ganbar literatur
klasifikasi

Devisi  : Magnoliophyta Class : Liliopsida
Ordo : Aracales
Famili  : Aracaceae
Genus  :  Salacca
Species : Salacca zalacca
 Salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa di makan, palma berbentuk perdu atau hampir tidak berbatang, berduri banyak, melata dan beranak nbanyak, tumbuh menjadi rumpun yang rapat dan kuat. Batang menjalar di bawah atau di atas tanah, membentuk rimpang, sering bercabag, diameter 10-15 cm. Daun majemuk menyirip, panjang 3-7 m. Tangkai daun, pelepah dan anak daun berduri panjang, tipis dan banyak, warna duri kelabu sampai kehitaman. Anak Daun berbentuk lanset dengan ujung meruncing, berukuran sampai 8×85 cm, sisi bawah keputihan oleh lapisan lilin. Karangan bunga jantan kebanyakan berumah dua (dyoesis), karangan bunga terletak di dalam tongkol majemuk yang muncul dio ketiak daun, bertangkai, mula-mula tertutrup oleh seludanh yang belakangan mengering dan mengurai menjadi serupa serabut. Tongkol bunga jantan 50-100 cm, panjangnya terdiri ata 4 -12 bulir silindris yang masuing-masing panjangnya antara 7 -15 cm, dengan banyak bunga kemerahan tetrletak di ketiak. Di ketiak sisik-sisik yangt tersusun rapat. Tongkol bunga betina 20-30 cm, bertangkai panjang, terdiri atas 1-3 bulir yang panjangnya mencapai 10 cm. Buah buni, berbentuk segitiga agak bulat atau bulat telur, terbalik, runcing di pangkalnya dan membelah di ujungnya, panjang 2,5-10 cm, terbungkus oleh sisik-sisik berwarna kuning cokelat sampai cokelat merah mengkilat yang tersusun seperti genting. Biji 1,3 butir, cokjelat hingga kehitaman, keras, panjang 2,3 cm. Manfaat sebagai buah meja, untuk manisan untuk kripik salak, salak yang muda di gunakan untuk bahan rujak. Pohon sebagai pagar perkarangan. Tumbuhan ini berasal dari jawa timur

Daun kupu-kupu
Ganbar literatur
klasifikasi

Devisi  : magnoliophyta Class : Magnoliopsida
Ordo : Fabales
Famili  : Fabaceae
Genus  : Bauhinia
Species : Bauhinia tomentosa L.
Tumbuhan ini berasal dari Brazil.

Bambu kuning
Ganbar literatur
klasifikasi
Devisi  : Spermatophyta Class : Monokotyledonae
Ordo : Poales
Famili  : Gramineae
Genus :  Bambusa
Species : Bambusa     vulgaris schrad

Teratai
Ganbar literatur
klasifikasi
Devisi  : Magnolliophyta Class : Magnoliopsida
Ordo : Nymphaeales
Famili  : Nymphaeaceae
Genus : Nymphaea
Species : Nymphaea alba
Teratai adalah nama genus untuk tanaman air dari suku nympaeceae, tanaman tumbuh di permukaan air yang tenang. Bunga dan daun terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai yang bersal dari rhizoma, yang berasal di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai atau rawa. Tangkai terdapat di tengah-tengah daun. Daun berbentuk bundar atau bentuk  oval yang lebar yang teropotong pada jari-0jari menuju ke tangkai. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentiuk butiran air. Bunga terdapat pada tangkai yang merupakan perpanjangan dari rimpang. Diameter bunga kurang lebih 5-10 cm. Manfaat menjadi tanaman di kebun-kebun, karena bunganya yang indah. Sebagai bunga multiguna, sebagai makanan kesehatan. Teratai berasal dari mesir.

Kangkung
Ganbar literatur
klasifikasi
Devisi  : magnoliophyta Class : magnoliopsida
Ordo : solanales
Famili  : convolvulaceae
Genus  : lpomoea
Species : lpomoea aquatica

 Berasal dari lombok.

Palem
Ganbar literatur
klasifikasi
Devisi  : Magnolyophyta Class: Liliopsida
Ordo : Arecale
Famili  : Aracaeae
Genus  :  Cyrtostachys
Species : Cyrtostachys lakka
 Pohon perdu, batang tidak bercabang. Daun termasuk majemuk pinatus atau palmatus atau tunggal. Letak daun umumnya terminalis. Tangkai daun berpelepah. Pembungaan spandiks atau panipula diliuputi oleh spatha atau cynba. Bunga simetri banyak dan hermaphrodit, mahkotanya tiga, kelopak tiga, benang sari enam, putiknya 1 akan tetapi berdekatan. Digunakan sebagai penghias jalan, penghias ruangan. Tumbuhan ini berasal dari jambi.


SUMBER : http://rohanapuincaholig.wordpress.com/2012/07/05/tumbuhan-kebun-raya-purwodadi/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar